Rabu, 29 Desember 2010

Makalah Monitor





Kata Pengantar
Puji Syukur kita panjatkan kehadirat Allah swt. Berkah rahmat dan inayahnya sehingga penulisan makalah yang berjudul monitor dapat terselesaikan tepat waktu, dan tak lupa pula shalawat dan salam kita haturkan kehadirat Nabi Besar Muhammad saw, yang telah membawa kita sekalian dari alam kegelapan menuju ke alam terang benderang
Seiring dengan berkembangnya perangkat terknologi informasi, maka tak heran masayarakat kita saat ini banyak yang hanyut dalam teknologi informasi tersebut, misalnya sekarang ini monitor hampir sietiap tempat dijumpai barang yang satu ini, karena hampir semua perangkat komputer menggunakan monitor untuk dapat di operasikan
Kami sadar bahwa makalah yang kami susun ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat kami harapkan dari para cerdik cendekiawan, demi perbaikan di masa akan datang. Akhir kata semoga bermanfaat.
Makassar November 2010
Penulis













DAFTAR ISI
Kata Pengantar.................................................................................................................. i
Daftar Isi .......................................................................................................................... ii
BAB I ............................................................................................................................... 2
A. Pengertian Monitor ............................................................................................... 2
B. Ukuran Layar ....................................................................................................... 2
BAB II ............................................................................................................................. 5
A. Perbandingan Monitor........................................................................................... 5
B. Permasalahan Monitor .......................................................................................... 7
BAB III ............................................................................................................................ 9
A. Kesimpulan ........................................................................................................... 9
B. Saran ..................................................................................................................... 9
Daftar Pusataka ................................................................................................................ 10


















BAB I


A. Pengertian Monitor
Sebuah monitor atau layar (kadang-kadang disebut unit tampilan visual) adalah suatu tampilan visual elektronik untuk komputer . Monitor terdiri dari perangkat tampilan, sirkuit , dan kandang. Perangkat tampilan di monitor modern biasanya thin film transistor liquid crystal display (TFT-LCD) panel tipis, sedangkan monitor yang lebih tua menggunakan tabung sinar katoda tentang sedalam ukuran layar.
Awalnya monitor komputer yang digunakan untuk pengolahan data dan penerima televisi untuk hiburan, semakin komputer sedang digunakan baik untuk pengolahan data dan hiburan. Menampilkan khusus untuk data yang digunakan cenderung memiliki rasio aspek 4:3; yang digunakan juga (atau semata-mata) untuk hiburan biasanya 16:09 layar lebar , Kadang-kadang kompromi yang digunakan, misalnya 16:10
B. clip_image005Ukuran layar


Ukuran Layar Komputer
Untuk semua bagian persegi panjang pada tabung bulat, pengukuran diagonal juga diameter tabung
clip_image007
Luas menampilkan dengan pengukuran diagonal identik bisa bervariasi secara substansial
Ukuran tampilan sekitar empat persegi panjang biasanya diberikan sebagai jarak antara dua sudut layar yang berlawanan, yaitu diagonal dari persegi panjang. Satu masalah dengan metode ini adalah bahwa hal itu tidak memperhitungkan layar aspek rasio , sehingga misalnya 16:09 21 (53 cm) lebar layar jauh lebih tinggi, dan memiliki kurang luas , dari 21 tahun (53 cm) 04:03 layar. 04:03 Layar memiliki dimensi 16,8 × 12,6 di (43 × 32 cm) dan area 211 persegi di (1.360 cm 2 ), sedangkan layar lebar adalah 18,3 × 10,3 di (46 × 26 cm), 188 persegi di (1.210 cm 2) Untuk berbagai tujuan tinggi layar merupakan parameter utama, sebuah layar 16:09 membutuhkan 22% lebih besar dari diagonal layar 4:3 untuk ketinggian yang sama.
Metode pengukuran merupakan warisan dari metode yang digunakan untuk generasi pertama televisi CRT, ketika gambar tabung dengan wajah bundar yang umum dipakai. Menjadi lingkaran, hanya diameter mereka dibutuhkan untuk menggambarkan ukuran mereka. Karena tabung lingkaran digunakan untuk menampilkan gambar persegi panjang, pengukuran diagonal persegi panjang adalah setara dengan diameter wajah tabung itu. Metode ini terus berlanjut bahkan ketika sinar katoda tabung yang diproduksi sebagai persegi panjang bundar; itu keuntungan menjadi satu nomor menetapkan ukuran, dan tidak membingungkan jika rasio aspek itu universal 4:3.
Praktek yang bermasalah adalah penggunaan ukuran elemen pencitraan sebuah monitor, daripada ukuran gambar yang dapat dilihat, ketika menggambarkan ukurannya bahan publikasi dan iklan. Pada CRT menampilkan sebagian besar CRT's layar yang tersembunyi di balik kasus ini bezel atau selubung untuk menyembunyikan di luar daerah aman "dari itu monitor" karena overscan. Praktik-praktik ini dianggap sebagai menipu, dan keberatan luas konsumen dan tuntutan hukum akhirnya terpaksa kebanyakan produsen, bukan untuk mengukur
C. Pengukuran Kinerja
Kinerja monitor diukur dengan parameter berikut:
· Luminance diukur dalam candelas per meter persegi (cd/m2 juga disebut Nit).
· Ukuran gambar cocok diukur secara diagonal. For CRTs, the viewable size is typically 1 in (25 mm) smaller than the tube itself. Untuk CRT, ukuran dapat dilihat biasanya 1 yang lebih kecil (25 mm) dibandingkan tabung itu sendiri.
· Aspek rasio adalah rasio panjang horisontal dengan panjang vertikal. 04:03 adalah rasio aspek standar, misalnya, sehingga layar dengan lebar 1024 piksel akan memiliki tinggi 768 piksel. Jika lebar layar memiliki rasio aspek 16:9, layar yang lebar 1024 piksel akan memiliki tinggi 576 piksel.
· Tampilan resolusi adalah jumlah piksel yang berbeda pada setiap dimensi yang dapat ditampilkan. Maximum resolution is limited by dot pitch. Resolusi maksimum dibatasi oleh dot pitch.
· Dot pitch adalah jarak antara subpiksel dari warna yang sama dalam milimeter. In general, the smaller the dot pitch, the sharper the picture will appear. Secara umum, semakin kecil dot pitch, makin tajam gambar akan muncul.
· Refresh rate adalah berapa kali dalam satu detik yang menampilkan menyala. Maximum refresh rate is limited by response time. Refresh rate maksimum dibatasi oleh waktu respon.
· Respon waktu adalah waktu pixel di monitor yang diperlukan untuk pergi dari aktif (hitam) untuk tidak aktif (putih) dan kembali ke aktif (hitam) lagi, diukur dalam milidetik. Rendah berarti angka transisi lebih cepat dan karena itu lebih sedikit artefak gambar terlihat.
· Kontras rasio adalah rasio dari luminositas warna terang (putih) dengan yang warna gelap (hitam) yang monitor mampu menghasilkan.
· Konsumsi daya diukur dalam watt.
· Sudut pandag adalah sudut maksimal di mana gambar pada monitor bisa dilihat, tanpa degradasi berlebihan pada gambar. It is measured in degrees horizontally and vertically. Hal ini diukur dalam derajat horizontal dan vertikal.



BAB II

A. Perbandingan Monitor

1. CRT

Kelebihan
· Rentang dinamis tinggi (hingga sekitar 15,000:1), warna yang sangat bagus, gamut lebar dan rendah tingkat hitam .
· Dapat menampilkan native di hampir semua resolusi dan refresh rate
· Tidak ada lag input
· Sub-millisecond respon kali
· Mendekati nol warna, saturasi, kontras atau distorsi kecerahan. Sudut pandang sempurna
· Biasanya jauh lebih murah daripada layar LCD atau Plasma.
· Memungkinkan penggunaan senjata ringan / pena
Kekurangan
· Ukuran besar dan berat, terutama untuk layar yang lebih besar (satu unit 20-inch berat sekitar 50 lb (23 kg))
· Tinggi konsumsi daya
· Menghasilkan jumlah yang cukup panas ketika menjalankan
· Geometri distorsi yang disebabkan oleh jarak perjalanan berkas variabel
· Dapat menderita layar burn-in
· Menghasilkan terlihat kedipan pada refresh rate rendah
· Biasanya hanya diproduksi di aspect ratio 4:3 (meskipun yang lebar beberapa, terutama FW900 Sony, memang ada)
· Berbahaya untuk diperbaiki / service
· Resolusi vertikal Efektif terbatas ke 1024 scan lines.
· Menampilkan warna tidak bisa dibuat dalam ukuran lebih kecil daripada 7 inci (5 inci untuk monokrom ukuran maksimum adalah sekitar 24 inci (untuk monitor komputer, televisi berjalan sampai 40 inci).
2. LCD
Kelebihan
· Sangat kompak dan ringan
· Rendah konsumsi daya
· Tidak ada distorsi geometrik
· Sedikit atau tidak berkedip-kedip tergantung pada teknologi lampu latar
· Tidak terpengaruh oleh layar burn-in
· Tidak ada tegangan tinggi atau bahaya lain yang hadir selama perbaikan / jasa
· Lebih andal dari CRT
· Dapat dibuat di hampir semua ukuran atau bentuk
· Tidak ada batas teoritis resolusi
Kelemahan
· Limited sudut pandang , menyebabkan warna, saturasi, kontras dan kecerahan bervariasi, bahkan dalam sudut pandang yang dimaksudkan, dengan variasi postur.
· Pendarahan dan tidak merata backlighting di beberapa monitor, menyebabkan distorsi kecerahan, terutama di bagian pinggir.
· Lambat respon kali, yang menyebabkan bedak, dan ghosting artefak. Modern LCD memiliki waktu respon 8 ms atau kurang.
· Hanya satu resolusi asli . Menampilkan resolusi baik membutuhkan scaler video , menurunkan kualitas persepsi, atau menampilkan jam 01:01 pemetaan pixel , di mana gambar akan secara fisik terlalu besar atau tidak akan memenuhi seluruh layar.
· Tetap kedalaman bit , banyak murah LCD hanya dapat menampilkan 262.000 warna. panel dapat menampilkan 16 juta warna dan memiliki tingkat jauh lebih baik hitam, tapi mahal dan memiliki waktu respon lambat
· Pixel Mati dapat terjadi baik selama manufaktur atau melalui penggunaan.
· Dalam sebuah konstanta pada situasi, thermalization mungkin terjadi, yaitu ketika hanya bagian dari layar terlalu panas dan karena itu tampak berubah warna dibandingkan ke seluruh layar.
· Tidak semua layar LCD yang dirancang untuk memungkinkan penggantian mudah lampu latar
· Tidak bisa digunakan dengan senjata ringan / pena
3. Plasma
Kelebihan
· Rasio kontras tinggi (10.000:1 atau lebih,) tingkat warna hitam yang sangat baik, gamut lebar dan rendah.
· Kecepatan respon tinggi.
· Mendekati nol warna, saturasi, kontras atau distorsi kecerahan. Sudut pandang yang baik
· Tidak ada distorsi geometris.
· Lebih lembut dan kurang gumpal-mencari gambar daripada LCD
· Sangat terukur, dengan berat badan kurang per bertambah besar (dari kurang dari 30 tahun (760 mm) lebar kepada dunia terbesar di 150 (mm 3.800)).
Kelemahan
· Besar pitch pixel , yang berarti baik resolusi rendah atau layar besar. Dengan demikian, menampilkan warna plasma hanya diproduksi dalam ukuran lebih dari 32 inci.
· Gambar karena sedang fosfor berbasis flicker
· Berat berat
· Kaca dapat menginduksi silau dan refleksi
· High operating temperature and power consumption Tinggi suhu operasi dan konsumsi daya
· Menampilkan resolusi lainnya membutuhkan scaler video , yang menurunkan kualitas gambar pada resolusi yang lebih rendah.
· Tetap bit kedalaman
· Ini adalah masalah yang parah pada display plasma awal, tapi lebih sedikit pada yang lebih baru
· Tidak bisa digunakan dengan senjata ringan / pena
· piksel mati adalah mungkin selama manufaktur
B. Masalah Pada Monitor

1. Phosphor burn-in
Fosfor burn-in adalah lokal umur fosfor lapisan layar CRT mana ia telah menunjukkan gambar statis untuk jangka waktu yang lama. Hal ini menghasilkan gambar permanen samar di layar, bahkan ketika dimatikan. Pada kasus yang parah, bahkan dapat mungkin untuk membaca beberapa teks, meskipun ini hanya terjadi di mana teks yang ditampilkan tetap sama selama bertahun-tahun.
Burn-in ini paling sering terlihat pada aplikasi berikut:
· Point-of-service aplikasi
· Arcade games
· Keamanan monitor
Screen saver dikembangkan sebagai alat untuk menghindari burn-in, yang merupakan masalah yang tersebar di monitor monokrom IBM Personal Computer pada 1980-an. Monokrom menampilkan umumnya lebih rentan terhadap burn-in karena fosfor secara langsung terkena sinar elektron sedangkan di menampilkan warna, topeng bayangan memberikan perlindungan. Meski masih ditemukan pada komputer baru, screen saver tidak diperlukan pada monitor LCD.
Fosfor burn-in dapat "diperbaiki" dengan menjalankan CRT dengan kecerahan pada 100% selama beberapa jam, tapi ini hanya menyembunyikan kerusakan dengan pembakaran semua fosfor secara merata. CRT dapat memperbaiki menampilkan monokrom dengan memotong bagian depan dari tabung gambar, menggores keluar fosfor yang rusak, menggantikannya, dan resealing tabung. Menampilkan Warna tidak dapat diperbaiki.
2. Plasma burn-in
Burn-in kembali muncul sebagai masalah dengan display plasma awal, yang lebih rentan terhadap ini daripada CRT. Screen saver dengan gambar bergerak dapat digunakan dengan ini untuk meminimalkan lokal membakar. Mengubah Skema warna secara perioik juga membantu
3. Silau
Silau adalah masalah yang disebabkan oleh hubungan antara pencahayaan dan layar atau dengan menggunakan monitor di bawah sinar matahari cerah. CRT layar datar kurang rentan terhadap silau tercermin daripada CRT melengkung konvensional atau LCD mengkilap , dan aperture grill CRT, yang melengkung pada satu sumbu saja dan kurang rentan terhadap daripada CRT lainnya melengkung pada kedua sumbu.
Jika masalah terus berlanjut meskipun bergerak monitor atau menyesuaikan pencahayaan, filter menggunakan mesh kabel hitam yang sangat halus dapat ditempatkan pada layar untuk mengurangi silau dan meningkatkan kontras. Mereka juga mengurangi output cahaya.
Sebuah filter di atas hanya akan bekerja melawan silau reflektif; silau langsung (seperti sinar matahari) benar-benar akan membersihkan internal pencahayaan kebanyakan monitor, dan hanya dapat ditangani dengan dengan menggunakan kerudung atau LCD transreflective .
4. Misregistration Warna
Dengan pengecualian video proyektor dengan benar dan LED ditumpuk , teknologi tampilan, terutama LCD, memiliki misregistration melekat saluran warna, yaitu pusat, hijau, dan biru titik merah tidak berbaris sempurna. Sub-pixel rendering bergantung pada misalignment ini; memanfaatkan teknologi ini termasuk Apple II tahun 1976, dan lebih baru-baru ini Microsoft ( ClearType , 1998) dan XFree86 ( X Rendering Extension ).
5. Spektrum lengkap
RGB menampilkan memproduksi sebagian besar spektrum warna terlihat, tetapi tidak semua. This can be a problem where good color matching to non-RGB images is needed. Hal ini dapat menjadi masalah di mana warna yang baik yang cocok untuk gambar non-RGB diperlukan. Masalah ini adalah umum untuk semua teknologi monitor yang menggunakan model RGB. Baru-baru ini, Sharp memperkenalkan TV empat-warna (merah, hijau, biru, dan kuning) untuk memperbaiki ini.

BAB III

A. Kesimpulan
Semua monitor memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, semuanya dikembalikan kepada pemakai untuk menggunakan monitor sesuai dengan kebutuhan mereka.
B. Saran
Dalam memilih monitor hendaknya dipertimbangkan dampaknya terhadap kesehatan dan perangkat elektronik laiinya.
DAFTAR PUSTAKA

http://www.google.co.id/all_about-monitor.html
http://www.wikimedia.com

1 komentar:

  1. mas, yg Phosphor burn-in saya kurang mengerti nih, bisa tolong jelaskan dengan kalimat yg lebih sederhana?
    terima kasih

    BalasHapus

Jangan Lupa Komentarnya Yach !!